Search

NASA 'Berlatih' Hadapi Ancaman Kiamat Bumi Sebab Asteroid - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Lembaga penerbangan dan antariksa Amerika Serikat, NASA, telah menyiapkan cara untuk menyelamatkan umat manusia di Bumi. Seorang ilmuwan di NASA, Cathy Plesko, mengungkapkannya dalam sebuah wawancara yang dikutip dari situs Express pada akhir pekan lalu.

Pertama kali diumumkan NASA pada 2016, Kantor Koordinasi Pertahanan Planet disebutkannya menjadi bagian dari Divisi Ilmu Planet NASA yang bertugas menghadapi kemungkinan-kemungkinan sebab kepunahan Bumi. Tugasnya membuat katalog dan melacak Potential Hazardous Objects (PHO) seperti asteroid dan komet.

Melalui kanal YouTube, Wired, Plesko mengungkapkan rincian proyek dari kantor kooordinasi pertahanan planet tersebut. Termasuk menerangkan kenapa itu menjadi sangat penting. "Kami menggunakan superkomputer untuk memodelkan apa yang terjadi ketika asteroid atau komet menghantam Bumi dan cara menghentikannya," ujarnya. 

Pemodelan diharap membantu manusia di Bumi mempersiapkan dengan lebih baik masa depannya. Seperti halnya ketika duduk di pesawat, kata Plesko, petugas akan memberitahu tentang masker oksigen, dan lainnya.

Layaknya film Armageddon yang menceritakan hancurnya sebuah kota karena hujan meteor. Pagi hari kota Chelyabinsk, 900 km sebelah timur dari Moskow dan dekat dengan perbatasan Kazakhstan dihujani sejumlah meteor. dailymail.co.uk

“Kami belajar dari berlatih, kami belajar dari kesalahan kami," kata Plesko menerangkan. "Kami melakukan ini sekarang, karena ini adalah pertama kalinya kami benar-benar mampu melakukan ini." 

Selain melacak potensi obyek luar angkasa yang membahayakan Bumi, Plesko dan timnya juga menjalankan simulasi jika ancaman seperti itu lolos diketahui. Ini untuk mempelajari kemungkinan mengalihkan batuan ruang angkasa tersebut, sambil juga melihat konsekuensi dampaknya. 

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiW2h0dHBzOi8vdGVrbm8udGVtcG8uY28vcmVhZC8xMzAyODM3L25hc2EtYmVybGF0aWgtaGFkYXBpLWFuY2FtYW4ta2lhbWF0LWJ1bWktc2ViYWItYXN0ZXJvaWTSAVpodHRwczovL3Rla25vLnRlbXBvLmNvL2FtcC8xMzAyODM3L25hc2EtYmVybGF0aWgtaGFkYXBpLWFuY2FtYW4ta2lhbWF0LWJ1bWktc2ViYWItYXN0ZXJvaWQ?oc=5

2020-02-03 05:26:35Z
CBMiW2h0dHBzOi8vdGVrbm8udGVtcG8uY28vcmVhZC8xMzAyODM3L25hc2EtYmVybGF0aWgtaGFkYXBpLWFuY2FtYW4ta2lhbWF0LWJ1bWktc2ViYWItYXN0ZXJvaWTSAVpodHRwczovL3Rla25vLnRlbXBvLmNvL2FtcC8xMzAyODM3L25hc2EtYmVybGF0aWgtaGFkYXBpLWFuY2FtYW4ta2lhbWF0LWJ1bWktc2ViYWItYXN0ZXJvaWQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "NASA 'Berlatih' Hadapi Ancaman Kiamat Bumi Sebab Asteroid - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.