Search

NASA Temukan Simbol Star Trek di Mars? - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Penggemar Star Trek semakin bersemangat setelah lembaga antariksa Amerika Serikat atau NASA menemukan bentang alam di permukaan Mars, yang selintas mirip logo di serial fiksi ilmiah itu.

Baca juga: Buka Ideafest 2018, Jokowi Bicara tentang Film Star Trek

Laman Ladbible, Ahad, 16 Juni 2019, menyebutkan, stasiun ruang angkasa HiRISE menangkap gambar gundukan tua yang tampak seperti lencana Starfleet yang dikenakan oleh orang-orang seperti Spock dan Kapten James T Kirk dalam serial itu.

HiRISE atau Eksperimen Pencitraan Ilmiah Resolusi Tinggi telah memotret ratusan petak sasaran permukaan Mars dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya. Para ahli NASA mengatakan kamera itu memungkinkan mereka untuk melihat gambar planet yang lebih rinci dibandingkan sebelumnya.

"Kamera beroperasi dalam panjang gelombang yang terlihat, sama seperti mata manusia, tapi dengan lensa teleskopik yang menghasilkan gambar pada resolusi yang belum pernah terlihat dalam misi eksplorasi planet," kata NASA dalam pernyataan di situsnya.

Tokoh film Star Trek, Mr Spock dan Kapten James T Kirk (Dok Star Trek)

Gambar tersebut memiliki resolusi tinggi, yang memungkinkan para ilmuwan untuk membedakan ukuran 1 meter benda-benda di Mars. Dan untuk mempelajari morfologi (struktur permukaan) dengan cara yang jauh lebih komprehensif daripada sebelumnya.

Ross Beyer dari University of Arizona menulis melalui laman blog institusi, "Dulu, ada bukit pasir besar berbentuk bulan sabit yang bergerak melintasi area ini, dan pada suatu titik, ada letusan. Lava mengalir keluar dari dataran di sekitar bukit pasir, tapi tidak di atasnya," tulis Beyer.

Menurut Beyer, pemirsa yang giat memperhatikan penemuan, pas mencocokkan fitur-fitur tersebut terlihat seperti logo terkenal. "Dan Anda benar, tapi itu hanya kebetulan," tutur Beyer.

Pemeran Kapten James T. Kirk, William Shatner, mengajak pengikutnya di akun Twitter untuk berbagi kegembiraannya atas penemuan itu. Namun, selain berbagi cerita ke akunnya, aktor itu juga mengambil kesempatan untuk bercanda dengan saingan film science fiction lainnya Star Wars.

"Hei @starwars, Apakah Anda akan mempercepat Pemberontakan Scums Anda? Kami mengalahkan Anda!" tulis Kirk memberikan komentar terhadap gambar tersebut.

Berita lain tentang Mars dan Star Trek bisa Anda ikuti di Tempo.co.

LADBIBLE | NASA | INDI100

Let's block ads! (Why?)


https://tekno.tempo.co/read/1215432/nasa-temukan-simbol-star-trek-di-mars

2019-06-17 09:27:00Z
CAIiENpVF5Puq5KQePwrcz-p014qGQgEKhAIACoHCAow-ZTdCjD4odABMNSTjAI

Bagikan Berita Ini

0 Response to "NASA Temukan Simbol Star Trek di Mars? - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.