Search

Hubble Tangkap Gambar Ledakan Galaksi, Tempat Tiga Supernova - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Hubble kembali mengeluarkan gambar terbaru yakni galaksi spiral NGC 4051, yang terletak 45 juta tahun dari Bumi. Dilansir dari Digital Trends, galaksi khusus ini terkenal karena menjadi tuan rumah bagi sejumlah besar supernova. Supernova yang pertama terlihat pada tahun 1983 (SN 1983I), disusul ledakan kedua pada tahun 2003 (SN 2003ie), dan yang terbaru pada tahun 2010 (SN 2010br).

Supernova adalah peristiwa kosmik epik yang terjadi pada tahap akhir kehidupan bintang. Bintang-bintang terbakar terang karena pada intinya hidrogen mengalami fusi dan menghasilkan energi dalam jumlah besar.

Tapi akhirnya bintang akan membakar semua hidrogennya dan mulai menggabungkan helium. Dan sekali kehabisan helium, jika bintang itu cukup besar dapat mulai bekerja melalui elemen lain seperti karbon atau neon.

Saat bintang 'memakan' bahan bakarnya, proses fusi akan melambat. Gaya gravitasi yang mendorong ke dalam bintang tidak lagi dikendalikan oleh energi foton yang diciptakan oleh fusi yang mendorong keluar.

Inti bintang akan menyusut dan menjadi lebih padat dan panas. Ketika ini terjadi, bintang itu runtuh ke dalam dengan sangat cepat, dalam hitungan mikrodetik dan inti akan mencapai suhu miliaran derajat Celcius.

Dalam situasi yang sangat panas, sangat padat ini, atom-atom besi didorong bersama dengan kekuatan yang luar biasa hingga mereka "memantul" kembali ke luar dalam ledakan besar.

Ledakan ini menyebabkan kilatan cahaya yang sangat besar lebih terang dari miliaran Matahari kita dan mengirimkan gelombang kejut yang bergerak melintasi galaksi.

Ketika sebuah supernova meledak, ia bersinar di langit dengan sangat terang sehingga terlihat seperti bintang baru yang cerah. Atau jika bintang aslinya cukup besar, maka inti padat dapat runtuh di bawah gravitasinya sendiri dan menjadi lubang hitam. (age)

Let's block ads! (Why?)


https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190617033232-199-403767/hubble-tangkap-gambar-ledakan-galaksi-tempat-tiga-supernova

2019-06-17 10:01:00Z
CBMifGh0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vdGVrbm9sb2dpLzIwMTkwNjE3MDMzMjMyLTE5OS00MDM3NjcvaHViYmxlLXRhbmdrYXAtZ2FtYmFyLWxlZGFrYW4tZ2FsYWtzaS10ZW1wYXQtdGlnYS1zdXBlcm5vdmHSAQA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hubble Tangkap Gambar Ledakan Galaksi, Tempat Tiga Supernova - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.