Search

Studi Baru Sebut Manusia Purba Makan Hiu dan Lumba-Lumba - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Penelitian baru mengungkapkan jika manusia purba ( Neanderthal) yang hidup lebih dari 80.000 tahun yang lalu ternyata telah mengonsumsi hewan laut seperti ikan, kerang, lumba-lumba dan juga anjing laut.

Mengutip Science Daily, Minggu (29/3/2020), temuan ini tentunya memberikan wawasan baru. Sebab penelitian sebelumnya menyebut jika pada periode yang sama, pemanfaatan sumber laut sebagai makananan hanya lakukan oleh manusia modern atau Homo sapiens di Afrika.

Baca juga: Sejak 70.000 Tahun Lalu, Neanderthal Taburi Bunga di Ritual Pemakaman

Bukti-bukti jika Neanderthal mengonsumsi makanan laut tersebut ditemukan oleh peneliti di sebuah gua di Portugal selatan. Gua bernama Figueira Brava tersebut jaraknya mencapai dua kilometer dari pantai.

Ilustrasi Hiu MacanThinkstock Ilustrasi Hiu Macan
Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr João Zilhão dari University of Barcelona, Spanyol ini menemukan sisa-sisa hewan di gua tersebut. Sekitar 50 persen hewan yang ditemukan merupakan hewan laut, sementara sisanya adalah hewan darat.

Lebih lanjut, Zilhão pun menyebut jika hal tersebut menjadi salah satu bukti Neanderthal yang tinggal di sana mampu memanen kerang dan hewan laut lainnya secara rutin.

Baca juga: Bukti Baru, Neanderthal Kumpulkan Kerang dari Lautan untuk Bikin Alat

Temuan ini pun menambah banyak bukti jika kerabat kita mungkin memang sudah lama mengandalkan laut sebagai sumber makanan.

Selain itu, kebiasaan konsumsi hewan laut ini juga menunjukkan peran penting dalam pengembangan kemampuan kognitif bagi Neanderthal. Sebab hewan-hewan yang dimakan diketahui kaya akan asam lemak omega-3 dan asam lemak lainnya.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Science.

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMib2h0dHBzOi8vd3d3LmtvbXBhcy5jb20vc2FpbnMvcmVhZC8yMDIwLzAzLzI5LzIwMDIwMDUyMy9zdHVkaS1iYXJ1LXNlYnV0LW1hbnVzaWEtcHVyYmEtbWFrYW4taGl1LWRhbi1sdW1iYS1sdW1iYdIBb2h0dHBzOi8vYW1wLmtvbXBhcy5jb20vc2FpbnMvcmVhZC8yMDIwLzAzLzI5LzIwMDIwMDUyMy9zdHVkaS1iYXJ1LXNlYnV0LW1hbnVzaWEtcHVyYmEtbWFrYW4taGl1LWRhbi1sdW1iYS1sdW1iYQ?oc=5

2020-03-29 13:14:02Z
CAIiEB7I9nsOsO2SdvtlXTObMuoqGQgEKhAIACoHCAowiOH_CjCV-PkCMMzE6QU

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi Baru Sebut Manusia Purba Makan Hiu dan Lumba-Lumba - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.