Search

Peneliti Temukan Bongkahan Planet yang Berperan Ciptakan Bulan - Timlo Net

Timlo.net--Para peneliti temukan jejak-jejak planet besar yang hampir menghancurkan Bumi dan menolong terbentuknya Bulan miliaran tahun yang lalu.

Mereka memiliki hipotesis jika tabrakan itu diperkirakan terjadi 4,5 miliar tahun yang lalu. Saat itu planet berukuran sebesar Mars bertabrakan dengan Bumi yang baru terbentuk.

Tabrakan itu membantu menciptakan kondisi yang mendukung kehidupan di Bumi. Para peneliti juga percaya bongkahan planet itu akhirnya menjadi Bulan yang saat ini kita kenal, tulis Daily Star, Selasa (10/3).

Mereka sekarang menganalisa jejak planet itu, yang dinamai sebagai Theia pada batu-batu Bulan yang dibawa kembali ke Bumi oleh astronot Apollo. Para peneliti dari the University of Mexico menulis temuan mereka dalam jurnal. “Model ini mampu menghitung observasi dari sampel yang dibawa kembali dari misi Apollo, termasuk konten zat besi di Bulan yang lebih rendah dari Bumi,” tulis para peneliti.

Teori lain terkait terbentuknya bulan meliputi sebuah benturan yang menciptakan awan debu, yang membentuk Bumi dan Bulan. Teori berikutnya menyatakan jika bulan ada di tempat lain di tata surya kita dan terjebak oleh gravitasi Bumi hingga saat ini.

Sementara teori pembelahan menyatakan jika Bumi dan bulan dulu adalah satu bagian tapi mereka terpisah pada awal pembentukan sistem tata surya. Teori keempat yang mungkin adalah Bumi dan bulan tercipta dalam waktu yang sama dari nebula yang menciptakan sistem tata surya.

Hingga saat ini, peneliti belum mampu menemukan asal usul bulan. Tapi penemuan bongkahan misterius itu adalah terobosan yang besar. Penelitian dan analisa sedang dilakukan. Tapi perjalanan lain ke bulan diperlukan untuk benar-benar menganalisa temuan mereka dan mengkonfirmasi teori para peneliti.

Editor : Ranu Ario

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiXGh0dHBzOi8vdGltbG8ubmV0L2JhY2EvODkwMjQvcGVuZWxpdGktdGVtdWthbi1ib25na2FoYW4tcGxhbmV0LXlhbmctYmVycGVyYW4tY2lwdGFrYW4tYnVsYW4v0gFgaHR0cHM6Ly90aW1sby5uZXQvYmFjYS84OTAyNC9wZW5lbGl0aS10ZW11a2FuLWJvbmdrYWhhbi1wbGFuZXQteWFuZy1iZXJwZXJhbi1jaXB0YWthbi1idWxhbi9hbXAv?oc=5

2020-03-12 08:24:00Z
CBMiXGh0dHBzOi8vdGltbG8ubmV0L2JhY2EvODkwMjQvcGVuZWxpdGktdGVtdWthbi1ib25na2FoYW4tcGxhbmV0LXlhbmctYmVycGVyYW4tY2lwdGFrYW4tYnVsYW4v0gFgaHR0cHM6Ly90aW1sby5uZXQvYmFjYS84OTAyNC9wZW5lbGl0aS10ZW11a2FuLWJvbmdrYWhhbi1wbGFuZXQteWFuZy1iZXJwZXJhbi1jaXB0YWthbi1idWxhbi9hbXAv

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peneliti Temukan Bongkahan Planet yang Berperan Ciptakan Bulan - Timlo Net"

Post a Comment

Powered by Blogger.