Search

Ilmuwan Tangkap Penampakan Jelas Permukaan Matahari - Tagar News

Jakarta - Foto matahari dengan resolusi terbaik berhasil diabadikan para ilmuwan dengan menggunakan teleskop surya 4 meter Daniel K. Inouye. Terlihat fitur sekecil 18 mil (30 km), yakni bentuk sebenarnya dari permukaan matahari yang sebelumnya belum pernah diabadikan.

Bintik-bintik cerah ini mungkin merupakan inti mengapa korona matahari lebih dari satu juta derajat.

Seperti diberitakan ExtremeTech, Selasa, 4 Februari 2020, gambar permukaan matahari yang terlihat, sebelumnya ditangkap oleh Solar Dynamics Observatory (SDO) NASA, dalam orbit geosinkron di atas Bumi. 

Gambar tersebut menampilkan sejumlah detail matahari, namun kehilangan banyak bagian, karena ditembak dari jarak 93 juta mil. SDO yang berada di orbit dan biasanya memungkinkan menampilkan hasil lebih baik daripada teleskop darat.

Teleskop Surya Inouye yang berada di Hawaii, Amerika Serikat mampu menampilkan gambar yang lebih rinci ketimbang menggunakan SDO. Pasalnya, memiliki optik adaptif, lokasi dan ukuran tipis dengan jarak empat meter. 

Teleskop Surya Inouye diharapkan dapat bekerja sama dengan NASA Parker Solar Probe, saat ini sudah berada di orbit dan ESA/NASA Solar Orbiter yang sedang bersiap untuk diluncurkan.

Dalam deskripsi NASA/AURA/NSO, dijelaskan struktur yang berhasil tertangkap kamera itu seperti sel seukuran kota Texas, yang memiliki ciri khas gerakan yang mengangkut panas dari bagian dalam matahari menuju permukaan. 

Material panas matahari (plasma) naik di pusat terangnya, lalu mendingin dan kemudian tenggelam di bawah permukaan matahari, dalam jalur gelapnya. Proses ini biasa dikenal sebagai konveksi.

"Di jalur gelap ini kita juga bisa melihat penanda medan magnet yang mungil dan terang. Belum pernah terlihat kejernihan ini, bintik-bintik cerah yang diperkirakan menyalurkan energi ke lapisan luar atmosfer matahari yang disebut corona. Bintik-bintik cerah ini mungkin merupakan inti mengapa korona matahari lebih dari satu juta derajat," tulis NASA/AURA/NSO.

Gambar yang ditangkap dari teleskop surya 4 meter Daniel K. Inouye telah melalui proses menghilangkan noise, sehingga bentuk dan struktur plasma di matahari. Sementara untuk set data lengkap masih menjalani analisis ilmiah.

Jika melihat dari struktur skala halus matahari, terlihat seperti bola gas yang terbakar. Matahari berevolusi selama umurnya sendiri, dan mungkin memiliki implikasi untuk menciptakan pembangkit listrik fusi berkelanjutan di Bumi.

Selain itu, pemahaman yang lebih baik tentang dinamika matahari memungkinkan memprediksi ejeksi massa koronal di masa depan. Hal yang sangat penting, mengingat risiko yang dapat ditimbulkan. []

Berita terkait

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiSGh0dHBzOi8vd3d3LnRhZ2FyLmlkL2lsbXV3YW4tdGFuZ2thcC1wZW5hbXBha2FuLWplbGFzLXBlcm11a2Fhbi1tYXRhaGFyadIBTWh0dHBzOi8vd3d3LnRhZ2FyLmlkL2lsbXV3YW4tdGFuZ2thcC1wZW5hbXBha2FuLWplbGFzLXBlcm11a2Fhbi1tYXRhaGFyaS9hbXAv?oc=5

2020-02-05 09:10:00Z
CBMiSGh0dHBzOi8vd3d3LnRhZ2FyLmlkL2lsbXV3YW4tdGFuZ2thcC1wZW5hbXBha2FuLWplbGFzLXBlcm11a2Fhbi1tYXRhaGFyadIBTWh0dHBzOi8vd3d3LnRhZ2FyLmlkL2lsbXV3YW4tdGFuZ2thcC1wZW5hbXBha2FuLWplbGFzLXBlcm11a2Fhbi1tYXRhaGFyaS9hbXAv

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ilmuwan Tangkap Penampakan Jelas Permukaan Matahari - Tagar News"

Post a Comment

Powered by Blogger.