Search

Setelah tiga tahun, Transit Merkurius terjadi lagi malam ini - Elshinta.com

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2CAt8aE

Elshinta.com - Setelah tiga tahun berselang, peristiwa Transit Merkurius melintasi piringan Matahari dan sejajar dengan Bumi akan terjadi lagi pada Senin (11/11) malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Ilmuwan NASA Alex Young menjelaskan pihaknya bersemangat karena pada malam ini Transit Merkurius yang termasuk langka karena hanya terjadi sekitar 13 hingga 14 kali dalam satu abad, akan terjadi lagi.

"Jadi ini lumayan jarang terjadi, dan cukup menarik bagi astronomi," ujar Young dalam laman Instagram resmi NASA Goddard seperti dikutip Antara, Senin (11/11).

Transit yang akan terjadi nanti akan memperlihatkan pergerakan Merkurius selama 45 menit dengan latar belakang korona Matahari akan dapat dilihat mulai sekitar pukul 19.00 WIB, sebelum akhirnya terlihat melintas di depan Matahari. 

Transit akan terjadi setidaknya selama 5,5 jam, berakhir pada saat planet tersebut meninggalkan piringan Matahari, berlanjut bergerak keluar melalui korona sekitar 30 menit.

Penduduk Bumi akan dapat melihat planet terdekat dengan Matahari tersebut saat transit terjadi, meski hanya tampak seperti noktah sangat kecil. Dan pada transit di bulan November ini Merkurius sedang berada di perihelion atau titik terdekat dengan Matahari dan menanjak dari selatan ke utara.

Walaupun Merkurius mampu mengorbit Matahari setiap 88 hari, tetapi peristiwa transit ini menjadi penting karena tidak setiap saat dapat dilihat, mengingat orbitnya tidak selalu sejajar dengan Bumi. (Fan)

Let's block ads! (Why?)


https://elshinta.com/news/192433/2019/11/11/setelah-tiga-tahun-transit-merkurius-terjadi-lagi-malam-ini

2019-11-11 08:32:00Z
52781891749348

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Setelah tiga tahun, Transit Merkurius terjadi lagi malam ini - Elshinta.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.