Search

Jupiter Bakal Lebih Dekat dengan Bumi, Bisa Dilihat Tanpa Teleskop - Rakyatku Video

RAKYATKU.COM - Pengamat langit akan menerima hal baru bulan ini, saat Jupiter melintas begitu dekat ke Bumi. Sehingga empat bulan terbesarnya akan terlihat tanpa teleskop.

Jupiter, yang memiliki 79 bulan total, adalah yang terbesar dan paling terang bulan ini, naik pada senja dan tetap terlihat sepanjang malam.

Pandangan terbaik kemungkinan akan terjadi pada 10 Juni, ketika mencapai titik yang dikenal sebagai oposisi, menurut NASA, dikutip dari Mirror, Sabtu (8/6/2019).

Ini adalah kejadian tahunan ketika Jupiter, Bumi dan Matahari diatur dalam garis lurus, dengan Bumi di tengah.

"Ini waktu terbaik tahun ini untuk melihat Jupiter, karena planet ini terlihat di langit sepanjang malam, dan itu sekitar waktu ketika Jupiter paling dekat dengan Bumi," kata NASA.

Jika Anda melihat planet ini melalui teropong, Anda harus dapat melihat empat bulan - Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.

Anda bahkan dapat melihat sekilas awan banded yang mengelilingi planet ini, menurut NASA.

Loading...

Meskipun pertentangan terjadi pada tanggal tertentu, seluruh bulan di sekitar oposisi adalah waktu yang sama baiknya untuk mengamati planet ini dan empat bulan terbesarnya.

Badan antariksa menyarankan agar Anda menuju ke daerah yang tidak memiliki banyak bangunan atau lampu jalan, yang mungkin mengganggu pandangan Anda.

NASA telah mempelajari Jupiter dari dekat selama tiga tahun terakhir sejak wahana antariksa Juno-nya tiba di raksasa gas.

Planet ini adalah rumah bagi atmosfer yang penuh gejolak dengan sabuk awan yang berputar-putar dan badai yang terkenal, termasuk yang dikenal sebagai Bintik Merah Besar.

Misi Juno bertujuan untuk membuka rahasia asal-usul dan evolusi Jupiter, yang dapat menyimpan petunjuk untuk pembentukan tata surya awal.

Let's block ads! (Why?)


http://news.rakyatku.com/read/153819/2019/06/08/jupiter-bakal-lebih-dekat-dengan-bumi-bisa-dilihat-tanpa-teleskop

2019-06-08 13:36:14Z
52781649888740

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jupiter Bakal Lebih Dekat dengan Bumi, Bisa Dilihat Tanpa Teleskop - Rakyatku Video"

Post a Comment

Powered by Blogger.