Search

Hari Ini, Penduduk Bumi Bisa Lihat Planet Terbesar Tata Surya - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia- Hari ini (10/6/2019), Planet Jupiter berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi.

Tak setiap saat Planet Jupiter bisa Anda lihat dengan posisi terdekat dengan bumi, fenomena ini terjadi setiap tahunnya dimana Jupiter, Bumi dan Matahari berada dalam posisi sejajar. 


Mengutip CNN Indonesia, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin membenarkan hal tersebut. Menurutnya, Jupiter bisa diamati dari seluruh dunia termasuk Indonesia.

"Jupiter berada pada posisi berlawanan arah dengan matahari (oposisi). Jadi bisa disebut Jupiter purnama," ujar Thomas kepada CNNIndonesia.com, Senin (10/6).

Jupiter akan terbit saat matahari mulai terbenam dan akan terus terlihat hingga matahari terbit.  Sayangnya, Thomas mengatakan Planet Jupiter hanya akan terlihat seperti bintang terang jika dilihat dengan mata telanjang. Dengan begitu, Anda memerlukan alat khusus untuk menikmati fenomena angkasa tahunan ini.

Hari Ini, Penduduk Bumi Bisa Lihat Planet Terbesar Tata SuryaFoto: Planet Jupiter (REUTERS/NASA/ESA and E. Karkoschka/Handout via Reuters)

Sebagai informasi, Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Planet ini juga paling dekat dengan matahari. 

(gus)

Let's block ads! (Why?)


https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190610165813-33-77413/hari-ini-penduduk-bumi-bisa-lihat-planet-terbesar-tata-surya

2019-06-10 10:02:13Z
52781655869079

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Ini, Penduduk Bumi Bisa Lihat Planet Terbesar Tata Surya - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.