Search

Temuan Fosil Dino Bersayap, Dinosaurus Berevolusi ? | International - Gatra

Cina, Gatra.com- Spesies dinosaurus mirip kelelawar dan mempunyai sayap menguatkan kembali bukti bahwa makhluk burung purba itu berevolusi. Mereka juga menggunakan berbagai bentuk sayap.

Demikian hal itu disampaikan oleh ahli paleontologi Akademi Ilmu Pengetahuan Cina, Min Wang terkait penelitian akan fosil dari spesies dinosaurus yang ditemukan di bagian timur laut Cina pada tahun 2017 lalu yang dipublikasikan di Jurnal Nature, Inggris. 

“Hal yang paling menarik bagi saya adalah hal ini menunjukan bahwa beberapa dinosaurus berevolusi dengan struktur yang sangat berbeda dan mampu melakukan beberapa bentuk gaya terbang,” ungkap Wang seperti dilansir USA Today, Jumat (10/5)

Sebagai informasi, fosil berusia 163 juta tahun lalu ini berhasil ditemukan oleh seorang petani dalam keadaan masih berbentuk tulang secara utuh.

Dinosaurus ini diberi nama Ambopteryx longibranchus. Dimana dalam bahasa latin, nama itu memiliki arti “Kedua Sayap, Berlengan Panjang”. 

Salah satu penulis penelitian, Jingmai O'Connor mengatakan dinosaurus tersebut menggunakan sayapnya untuk meluncur di sekitaran hutan. “Mungkin mereka akan memanjat pohon dan akan terbang dari satu pohon ke pohon lainnya,” paparnya.

Dari temuan tersebut dikatakan bahwa spesies dinosaurus ini menjadi temuan dinosaurus kedua. Dimana spesies dinosaurus bersayap menyerupai kelelawar juga sempat ditemukan pada tahun 2015 lalu. Fosil tersebut merupakan dinosaurus yang diperkirakan hidup 3 juta tahun setelah dinosaurus kedua ini ditemukan.

Adapun kedua dinosaurus itu masuk kelompok scansoriopterygids. Ini adalah dinosaurus kecil yang hanya ditemukan di Cina.

Palentologis Universitas Edinburgh, Stephen Brusatte mengapresiasi temuan ini. “Penemuan fosil ini menjadi sebuah konfirmasi dimana ternyata dinosaurus yang mempunyai sayap layaknya kelelawar itu benar-benar ada,” ujarnya. 


Reporter: Ucha Julistian
Editor: Birny Birdieni


Let's block ads! (Why?)


https://www.gatra.com/detail/news/415126/international/temuan-fosil-dino-bersayap-dinosaurus-berevolusi

2019-05-10 06:46:00Z
52781600796721

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Temuan Fosil Dino Bersayap, Dinosaurus Berevolusi ? | International - Gatra"

Post a Comment

Powered by Blogger.